Sejarah Muhammad saw: Ensiklopedi Terlengkap Seputar Muhammad saw

>> 09 Januari 2010


















Judul buku : Ensiklopedi Muhammad
Pengarang : Afzalur Rahman
Penerbit : Mizan, 2009


Berikut ini resensi buku Ensiklopedi Muhammad yang saya ambilkan dari Republika

Ensiklopedi Terlengkap Seputar Muhammad

Nabi Muhammad SAW, siapakah di antara umat Islam yang tidak mengenal nama tersebut? Nama sang nabi terakhir, nabi umat Islam dan seluruh umat manusia. Namun, sejauh manakah kaum Muslimin mengenal Muhammad SAW? Benarkah mereka benar-benar telah mengenal Muhammad, ataukah hanya sebatas kenal nama itu saja, tanpa pernah tahu lebih dalam mengenai siapa dia sesungguhnya. Sangat mungkin, sebagian besar umat Islam Indonesia pun tidak mengenal secara utuh sosok Muhammad.

Kehadiran buku ensiklopedi ini akan sangat membantu siapa pun, khususnya kaum Muslimin, untuk mengenal sosok Muhammad secara utuh. Dengan demikian, mereka bisa memberikan penilaian yang tepat dan adil kepada Nabi akhir zaman tersebut.

Buku yang terdiri dari 10 jilid hardcover dan full color ini dilengkapi dan diperkaya dengan ilustrasi visual berupa gambar, bagan, peta, mind map, time line, khat ayat Alquran, dan foto-foto yang artistik. Selain itu, juga diperkaya dengan catatan pinggir yang berisi informasi tambahan meliputi fakta, data historis, dan info aktual. Juga, dilengkapi dengan kutipan-kutipan tafsir yang mencerahkan dari mufasir terkemuka Indonesia dan dunia.

Jilid satu buku ini mengupas Muhammad sebagai Nabi, sejak lahir hingga wafat, aspek dan tujuan kenabiannya, bukti-bukti kenabiannya, hingga shalawat Nabi. Jilid dua membicarakan Muhammad sebagai Pribadi Mulia. Jilid ini memuat berbagai sifat mulia yang dimiliki oleh Muhammad SAW. Jilid tiga membahas Muhammad Sebagai Pedagang. Jilid empat menyajikan Muhammad Sebagai Suami dan Ayah. Di dalam dan luar rumah, Beliau selalu menjadi teladan. Jilid lima mengusung Muhammad Sebagai Pendidik. Di dalamnya juga memuat metode dan etika pendidikan yang diajarkan oleh Muhammad SAW. Jilid enam mengangkat Muhammad Sebagai Pecinta Ilmu, sedangkan jilid tujuh memaparkan Muhammad Sebagai Negarawan. Jilid delapan membeberkan kehebatan Muhammad Sebagai Pemimpin Militer. Jilid sembilan memuat Muhammad Sebagai Pejuang Kemanusiaan. Sedangkan jilid 10 membeberkan Muhammad Sebagai Hakim.

Paling tidak ada tujuh keistimewaan Ensiklopedi Muhammad. Pertama, satu-satunya buku yang mengupas probadi Nabi Muhammad SAW dari sepuluh aspek status dan profesi terpenting manusia dalam hidup. Kedua, metode penulisan buku merupakan gabungan antara metode kronologis dan tematis. Ketiga, ditulis oleh cendekiawan terkemuka Pakistan, Afzalurrahman. Dia sudah lama dikenal oleh publik pembaca Indonesia di era 90-an melalui bukunya, Muhammad sebagai Seorang Pedagang.

Keempat, merujuk pada kitab-kitab karya ulama klasik. Kelima, diperkaya dengan kontribusi sekian banyak artikel dan tulisan ulama-ulama terkemuka dunia Islam sejak zaman klasik hingga modern. Keenam, disunting dan diperkaya oleh redaksi Pelangi Mizan, sehingga menjadi lebih ringkas, padat, informatif, dengan tambahan materi dan ilustrasi visual yang menarik dan artistik. Ketujuh, rujukan silang ke buku-buku program Life Long Learning lainnya.

Dengan segala kelebihan di atas, Ensiklopedi Muhammad ini memang merupakan referensi yang sangat berharga bagi siapa pun yang ingin mengenal sosok Muhammad SAW secara lebih dekat dan lebih utuh.***
Kapan lagi bisa mencontoh hidup Nabi Muhammad?:-)
Informasi lebih lanjut atau Pemesanan dapat menghubungi saya (Beti) di email nur_beti@yahoo.com (toko onlinenya baru dibuat :-) )

Testimoni Pembaca buku:

"Buku ini sering memberikan kejutan yang menyenangkan, karena saya mendapatkan informasi baru. Cuplikan dari sudut pandang lain, seperti kisah Bung Hatta atau Mahatma Gandhi, membuat sajiannya jadi lebih lengkap dan membuat jarak kita dengan Rasulullah semakin dekat. Last but not least, foto-fotonya sangat Indonesia. Penting dimiliki keluarga Muslim." (Budi Prayitno, Bandung, Konsultan Psikologi, Muballigh, Pengisi Acara Radio, Konsultan  sejumlah perusahaan)
"Buku Ensiklopedi Muhammad merupakan buku yang patut dilirik dan dimiliki siapa saja yang ingin mengenal nabi yang ummi ini. Berbeda dengan buku-buku biografi lainnya, dalam buku Ensiklopedi Muhammad kita akan mengenallebih dalam sang Habibullah ini, karena dalam buku ini kita dapat mengenal sosok dirinya dalam sisi yang lain. Tidak hanya sebagai nabi, juga sebagai manusia kebanyakan yang memiliki profesi yang mungkin saat ini kita sandang , apakah sebagai kepala keluarga, hakim, panglima perang, maupun sebagai negarawan." (H. ALi Murtadho, S.Ag., M.Hum., Medan. Direktur Lembaga Baca Tulis Sumatra Utara, Penulis, Wartawan, dan Dosen)

"Setelah membaca buku ini, saya mempelajari bagaimana kehidupan Nabi Muhammad dapat kita jadikan teladan serta menjadi bagian dari perilaku kita sehari-hari. Uraiannya detil, bahasanya tidak berat, dan mudah dipahami. Kami sekeluarga mendiskusikannya dengan ringan." (Edyanus Hermas Salim, SE., MS., Dosen Fak. Ekonomi Universitas Riau)

"Tambahan ilmu pengetahuan baru, setelah membaca Ensiklopedi Muhammad (ENSIM). Dari pengantarnya sudah cukup jelas bagaimana membaca buku ENSIM dengan mudah. Dari materi, buku ini mengulas lebih detil, hal-hal yang selama ini orang belum tahu, tentang siapa sesungguhnya Rasulullah SAW (Rukmas Supriyatna, S.Hut.)

0 comments:

Bookmark and Share

  © Blogger templates Shiny by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP